apa itu IPO ?? part -1

Hai hai..

Apa kabar teman-teman semua?? hari ini saya mau coba share tentang apa yang sempat saya dapatkan dari training IPO beberapa pekan lalu.

Oke supaya sedikit terstruktur saya mulai dulu dengan apa itu IPO, dari singkatan dalam bahasa inggrisnya artinya Initial Public Offering sedangkan dalam bahasa Indonesia dapat diartikan Penawaran Perdana kepada Public, lalu pertanyaan selanjutnya apa siy yang ditawarkan ke Public tersebut?? Dari yang saya dapat dari training kemarin siy ada 2 jenis instrument keuangan yang ditawarkan dalam proses IPO ini (CMIIW) yaitu saham dan obligasi.

Oke lanjut ke hal ke dua, apa siy manfaat dari IPO itu, dari yang saya dapatkan kemarin ada 4 manfaat IPO, antara lain :

  • Fund Raising

Dengan IPO tentu perusahaan mendapatkan darah segar untuk membiayai ekspansi yang dilakukan perusahaan

  • Leverage

Membantu perusahaan baik dalam hal refinancing yang tentunya juga berkaitan dengan financial structure (hufft dejavu ama kata2 ini soalnya baru sabtu kmrn dgr kalimat ini,hehe)

  • Image

Tentu saja dengan semua hal yang dibuka kepada public secara otomatis akan meningkatkan image perusahaan (kalau image nya baik tentunya)

  • Divestasi

Berbicara Divestasi hal ini berkaitan dengan pemegang saham, dengan “terbuka”-nya suatu perusahaan maka menjadi mudah untuk pemegang saham mengurangi (divestasi) kepemilikan sahamnya, apalagi ketika pemegang saham sedang membutuhkan dana. Tapi dengan catatan perusahaan memang aktif di bursa dan memiliki image yang sangat baik sehingga orang banyak yang ingin membelinya. J

 

Nah setelah membahas manfaatnya sekarang dibahas juga konsekuensinya

  • Disclosure Requirement (pelaporan & pengumuman)
    1. Bapepam
    2. Bursa

Setelah perusahaan tercatat sebagai perusahaan terbuka, perusahaan mempunyai kewajiban pelaporan berkala ke Bapepam dan Bursa, dan sekali lagi semua itu bukan tanpa biaya, seperti contohnya biaya audit yang harus dikeluarkan untuk laporan tengah tahun dan laporan tahunan.

  •  Publik Image & Control

Dengan menjadi perusahaan terbuka public sepenuhnya tahu akan image perusahaan dan public dalam hal ini kaitannya adalah para pemegang saham mempunyai kendali yang cukup pada perusahaan.

  •  Investor Relations

Setelah suatu perusahaan menjadi terbuka, perusahaan harus mempunyai suatu bagian yang biasa disebut Corporate Secretary yang akan selalu berhubungan dengan public, dan oleh karena suatu perusahaan sudah menjadi go public maka bagian ini harus terus menerus memantain hubungan dengan para investor

  • Lembaga dan Profesi Penunjang

Ketika suatu perusahaan hendak menjadi perusahaan terbuka perusahaan banyak membutuhkan lembaga-lembaga penunjang seperti konsultan hokum, akuntan, dan underwriter yang membantu dalam pelaksanaan proses Go Public.

Nah ini kira-kira bagan yang menggambarkan di perusahaan bagaiamana Sebelum Emisi, Emisi dan Setelah Emisi (sumber : Penawaran Umum versi terbaru Imam Cahyono)

Sebelum Emisi - Emisi - Setelah Emisitimeline to IPO

 

timeline to IPO

Kira-kira itu gambaran awal ya teman-teman manfaat dan konsekuensi dari IPO, nanti di part 2 akan saya sampaikan apa sih peranan Underwriter dalam proses IPO ini.🙂 God Bless you all..

Keep Sharing,

-kay-

 

About sekarungcerita

5 orang dengan latar belakang yang berbeda tapi ternyata mempunyai kesamaan yang lumayan banyak
This entry was posted in Finance. Bookmark the permalink.

One Response to apa itu IPO ?? part -1

  1. anonim says:

    lanjut gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s