Merengkuh Jiwa

Sejak dulu aku suka mendengarkan, memperhatikan, mengamati. Aku bagai spons. Aku menyerap semuanya ke dalam lapisan tebal bertumpuk tumpuk dan empuk dari sel sel kelabu otakku. Ada kepuasan sendiri dari mendengarkan. Selain kepuasan bahwa seseorang akhirnya percaya padaku untuk mau bercerita, aku juga senang melihat dunia dari mata yang lain. Unik, menyegarkan. Jika orang lain suka berbicara, aku tidak, aku suka mendengarkan. Aku suka melihat orang lain dari mataku berdasarkan pandangan mata mereka.
Dulu saat memilih psikologi, aku belum sadar bahwa ada alasan tersembunyi dari aku memilih jurusan ini. Bahwa aku tertarik pada orang, untuk mengamati, merasakan emosinya, mengerti bahwa setiap orang bisa merasakan hal yang sama dengan cara yang sangat berbeda. Menganalisa apa yang terjadi dengan orang tersebut, lalu bisa memahami dirinya ketika orang lain tidak adalah suatu kepuasan sendiri bagiku. Aku ingin merengkuh jiwa mereka dan memeluknya. Mungkin ini adalah refleksi jiwaku yang ingin dipahami, direngkuh, dipeluk. Sebagian rasa itu bisa kupenuhi dengan cara ini. Karena aku tau rasanya punya jiwa yang gelisah dan penat dan sepi.
Tapi aku tak pernah melanjutkan psiklologi ini, membuatnya resmi. Bagiku jika menganalisa dan memberikan nasihat harus menjadi suatu pekerjaan, maka dia akan menjadi menakutkan, membebani, mengekang. Seperti layaknya pacaran yang berbeda dengan menikah (hehehe). Tanggung jawab yang terlalu besar menurutku. Satu perkataan dariku bisa menyembuhkan atau menghancurkan. Ah tidak, setidaknya sekarang aku belum ingin menjadikannya profesi. Aku lebih suka menjadi psikolog amatiran, ah bukan psikolog, aku lebih suka menjadi simpatisan (orang yang simpati) amatiran. Aku mendengar, memahami, menganalisa dan merengkuh jiwa orang lain. Cukup itu saja dahulu. Setidaknya untuk sekarang..

About sekarungcerita

5 orang dengan latar belakang yang berbeda tapi ternyata mempunyai kesamaan yang lumayan banyak
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

