Public Transportation

Sudah hampir sebulan ini gue menggunakan transportasi umum. Ada 2 alternative yang bisa gue gunakan yakni Kereta dan Bus Feeder.

Dari sisi kecepatan, kereta memang unggul, namun frekuensi gangguan dan keterlambatannya di stasiun keberangkatan membuat gue frustasi naik kereta. Belum lagi ditambah fasilitas yang ada di stasiun Sudimara, stasiun terdekat dari rumah, yang jauh untuk sekedar dibilang cukup. Kotor, tidak teratur, semrawut, membuat gue berhenti menggunakan moda transportasi kereta.

Pilihan gue akhirnya jatuh ke moda transportasi bus. Dari Bintaro ada bus shuttle dengan rute Bintaro-Pondok Indah-Ratu Plaza. Dengan hanya mengeluarkan Rp 11.000, gue dengan nyaman bisa tertidur pulas di bus dan bangun-bangun sudah sampai di daerah Pakubuwono mendekati Ratu Plaza.

Special Courtesy http://www.bismania.com

Beberapa orang gue liat juga melakukan ritual yang sama, yakni tertidur di bus. Hal ini bisa dimaklumi karena para pengguna bus ini minimal harus sudah berangkat dari rumah sekitar pukul 5:45 untuk dapat naik bus yang jam 6:05. Kenapa pagi sekali? karena rute bus ini sedikit berputar lewat Pondok Indah sehingga rute yang ditempuh menjadi lebih jauh. Sebetulnya naik bus selanjutnya yang berangkat pukul 6:25 masih bisa terkejar supaya tidak terlambat sampai di kantor pukul 8:00, namun dengan segala kondisi lalu lintas Jakarta, gue lebih memilih untuk menggunakan bus yang berangkat pukul 6:05.

Type bus yang digunakan pun terbilang baru, yakni jenis Mercedes XBC 1518 sehingga tingkat kenyamanannya cukup baik. Kendaraan dengan total GVW 15000 kg ini sudah memenuhi standar emisi gas buang  Euro III sehingga menghasilkan emisi karbon yang bersih dan rendah  polusi serta ramah lingkungan.

Semoga alternatif-alternatif moda transportasi umum lainnya semakin bisa dinikmati masyarakat.

-bierkof-

About sekarungcerita

5 orang dengan latar belakang yang berbeda tapi ternyata mempunyai kesamaan yang lumayan banyak
This entry was posted in office and etc. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

