My Hobby – Diecast (Mega Master)

Kali ini gue akan membahas hoby satu lagi, yakni ngumpulin diecast.

Hobby ini sebetulnya sudah lama, yakni sejak sekitar tahun 2006. Dimulai dengan ngumpulin diecast pesawat komersil. Mulai nyari-nyari informasi, dan akhirnya gabung dengan komunitas tomoci.

Karena gue pindah kerja, dimana akses internet belum secepat sekarang, akhirnya vacuum dari hingar bingarnya dunia per-diecast-an. Tapi kalo yang namanya udah hoby ya mau kemana tetep aja ketemu. Kantor tempat gue kerja waktu itu, tempatnya deket banget sama ITC Kuningan atau Mall Ambasador. Di situ gue mulai keracunan lagi ngumpulin mobil-mobilan.

Tahun 2008, ketika akses Internet mulai mudah dan cepat, akses ke tomoci mulai gue buka lagi. Mulai deh tuh keracunan yang namanya Mega Master. Diecast berbentuk truk gandeng berskala 1:87 yang sebetulnya ber-merk Schuco, High Speed atau Dicky yang konon kabarnya reject atau kelebihan produksi di China dan diimpor ke Indonesia tapi antara kepala dan buntutnya ketuker-tuker dalam blisternya karena pihak produsennya ngejar waktu dan neken cost agar barang ini bisa dikirim ke Indonesia.

Truk-truk yang beredar berjenis Actross, Scania, Man TGA, dan Iveco. Livery-nya pun beragam, dan biasanya mencontek dari skala 1:1-nya (versi truk aslinya).

Ngoleksi Mega Master bukan cuma asik karena gue suka bentuknya truck, tapi juga kayak main puzzle, njodoh-jodohin dan ngeklop-klopin antara kepala sama buntut yang kepisah-pisah. Dari situ gue jadi mulai kenal sama panglima dan jendral-jendral diecast lainnya. Tiap ada varian Mega Master yang ngga klop, langsung tuker2an kabar kali-kali ada yang punya kepala atau buntutnya buat diklop-klopin dan dibarter. Belum lagi ada aja kolektor yang kreatif menggabungkan kepala mega master dengan buntut dari model Kereta (whalters).

Sayangnya, mulai tahun 2010, stock Mega Master seperti berhenti dan habis, jadi kolektornya makin hari makin dikit. Dan kegairahan untuk tuker-tukeran buntut dan kepala semakin meredup. Sempat senang ketika di beberapa toko mulai beredar lagi Mega Master versi terbaru, sayangnya kepalanya hanya berjenis truk Scania dan buntutnya livery/decalnya hanya dari karton yang ditempel.

Mudah-mudahan nanti akan ada lagi mega master-mega master yang masuk lagi ke Indonesia. Buat kembali diperebutkan dan ditukar-tukar antar kolektor.

-bierkof-

About sekarungcerita

5 orang dengan latar belakang yang berbeda tapi ternyata mempunyai kesamaan yang lumayan banyak
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

5 Responses to My Hobby – Diecast (Mega Master)

  1. adhit says:

    Bro…salam kenal…
    Sy jg lg kumpulin mega mster nih…kmrn dpt kpala actros silver, sprtinya AMG, tp container blkngnya livery ABT kuning..

    Punya dobelan gandengan AMG ga bro? BLh tuh klo ada, ane tebus biar klop sama kpla actrosnya nih…

    Thx ya bro..

  2. Halo bro Adhit, salam kenal juga, kalo boleh tau lokasi dimana?

    Well, karena dah lama gak ada MM baru, sampe lupa koleksi apa aja yang saya punya, tapi seingat saya AMG itu ada 2 varian, yang tulisannya item dasarnya silver sama tulisan silver dasarnya item. Sementara ini belum ada koleksi ane yang dilepas, kecuali barter2 aja. BTW dapet MM-nya dari mba Ade kah?

    Salam

  3. aweenk says:

    saya bukan maniak die cast, tapi saya punya 2 koleksi actross,
    kalo saya amati, produk dari shuco kurang presisi. produk yg paling presisi saya rasa buatan rietze german. tapi harganya luar biasa dan sulit mendapatkannya..

  4. mario buslover says:

    om boleh tau ga toko yang banyak menjualjual diecast mega master…?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s