Bonds alias Obligasi

Gue mencoba tuk menulis bahan presentasi kelompok gue besok Jumat atau Sabtu (masih belum tau). Sekalian meluruskan apa yang barusan ditulis sama si bliss.

Bonds atau biasa disebut obligasi adalah sebuah instrumen keuangan yang diterbitkan untuk mencari sumber pendanaan dengan menerbitkan “janji” akan membayar di masa yang akan datang. Kalau melihat tujuannya adalah untuk mencari sumber pendanaan, sebetulnya ada sumber pendanaan lainnya instead of bonds, seperti menerbitkan saham baru dan hutang ke bank.

Lalu, kenapa orang lebih memilih menerbitkan bonds?

Alasannya antara lain:
1. Penerbit bonds tidal akan kehilangan kepemilikannya di Perusahaan, lain halnya dengan menerbitkan saham, maka kepemilikan pemegang saham sebelumnya akan terdilusi atau berkurang.

2. Ketika perusahaan laba, maka porsi pembagian keuntungan bonds hanya maksimal sebesar kuponnya. Namun, walaupun perusahaan rugi, pembagian keuntungannya tetap sebesar itu, karena hakekat pembagian keuntungan di sini adalah kewajiban penerbit bonds untuk membayar kupon atau bunga.

3. Tingkat cost yang dapat terukur dengan baik, yakni hanya maksimal sebesar kupon.

4. Memiliki terms yang juga jelas, misalnya : 3 tahun, 5 tahun dll.

Itu kalau dari sisi penerbitnya, gimana dari sisi pembelinya? kenapa mau beli bonds?

1. Adanya kepastian mengenai rate of return yang ditawarkan serta kejelasan kapan bonds itu akan dilunasi
2. Dapat diperjualbelikan atau dengan kata lain likuid. Ketika tingkat suku bunga turun, maka pemegang obligasi yang menawarkan kupon yang cukup tinggi akan memiliki posisi tawar yang kuat. Hal ini karena pemegang obligasi memiliki kepastian return yang apabila dibandingkan tingkat suku bunga, kupon bonds lebih tinggi.

Nah, setelah tau dah kenal, nanti akan gue kenalin lebih dalem lagi tentang bonds.

-bierkof-

About sekarungcerita

5 orang dengan latar belakang yang berbeda tapi ternyata mempunyai kesamaan yang lumayan banyak
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Bonds alias Obligasi

  1. box says:

    Bedanya sama james bond?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s